Banyak banget yang nanya tentang apakah by.U adalah produk milik Telkomsel atau bukan?

Yup, buat kamu yang belum tau, by.U itu adalah inovasi produk yang dikembangkan oleh Telkomsel yang fokus melayani anak muda yang lebih digital savvy.

Tapi, kenapa sih kita bikin provider serba digital pertama di Indonesia dengan nama by.U? Yuk, lanjut scroll ke bawah buat baca cerita lengkap nya. Semoga bisa jadi insight baru buat kamu ya!

Di usia ke 25 tahun, Telkomsel telah berhasil tumbuh dan berkembang menjadi market leader di industri telekomunikasi di Indonesia. Meski begitu, Telkomsel melihat begitu banyak hal yang bisa lebih dioptimalkan lagi untuk bisa berkontribusi lebih banyak lagi buat negara tercinta kita, Indonesia. Untuk itu, pada bulan Juli 2018, dibentuklah sebuah tim yang berisi 11 karyawan dari berbagai fungsi bisnis dengan project code Smart Attacker (SA) untuk menjawab pertanyaan “Kita bisa ngapain lagi ya buat Indonesia?”

Di fase embrio, dengan mindset customer-centricity tim SA memulai eksplorasi suara pelanggan tentang bagaimana experience pelanggan menikmati produk dan layanan mobile telco provider di Indonesia dalam berbagai rentang generasi dan demografis. Dalam fase itu tim SA melakukan berbagai macam riset dengan berbagai metode, baik dalam riset kualitatif ataupun kuantitatif. Lewat berbagai riset di lebih 10 kota di Indonesia, tim SA menemukan sebuah harapan baru untuk menjadi sebuah happiness factory untuk segmen anak muda (GEN Z) Indonesia dengan menjadi mobile provider yang beyond the ordinary telco service.

Gak berhenti disana, tim SA melanjutkan market research nya untuk memperdalam produk seperti apa yang bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan para Gen Z di Indonesia. Menggunakan metode focus group discussion maupun ethnography research, tim SA menemukan beberapa hal berikut ini:

Kita melihat ternyata ada beberapa pain point di dunia telekomunikasi yang belum terjawab oleh provider manapun. Pertama, mungkin kamu sampai saat ini masih melihat berbagai promo kuota seperti kuota bundling, kuota pagi, hingga kuota malam. Kedua, kamu sebagai customer tidak diberi kewenangan sama sekali untuk bisa memilih paket sesuai dengan preferensinya yang diinginkan.

Berbagai pilihan paket tersebut kadang masih belum sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kamu, karena kamu tidak pernah diberi kewenangan sama sekali untuk bisa memilih paket sesuai dengan preferensinya yang diinginkan.

Dari study ini, kami jadi tau lebih banyak tentang karakter anak muda seperti kamu itu punya preferensi yang banyak, berbeda-beda, dan tidak bisa disamaratakan. Jadi, satu pilihan kuota mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Ada yang sukanya streaming film, ada yang bisa nontonin Youtube berjam-jam, ada juga yang hobi rebahan seharian sambil scrolling media sosial. Kebutuhan untuk hobi dan minat yang berbeda-beda ini yang kita lihat belum dapat dijawab oleh provider manapun.

Salah satu yang kita temukan juga adalah anak muda seperti kamu saat ini maunya semuanya serba digital. Kita jadi lebih paham bahwa kamu lebih senang apabila semuanya dapat dilakukan dengan cepat dan cukup melalui smartphone. Hal ini juga yang membuat by.U hadir serba digital, sehingga semua transaksi bisa dilakukan sambil kamu rebahan di rumah.

Karena dari 3 hal ini, terciptalah by.U!

Setelah mengetahui kebutuhan dan problem yang bisa dijawab, serta melihat kemauan kamu yang maunya serba digital, akhirnya terciptalah by.U sebagai provider serba digital yang membebaskan pilihan kuota data serta topping-nya sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan konsep serba digital, semua layanan by.U bisa diakses lewat satu aplikasi saja. Mulai dari bikin paket internet, pilih nomor, pesan SIM card, melakukan pembayaran sampai menghubungi customer care. SIM card-nya juga bisa langsung dikirim ke rumah atau bisa diambil di pick-up point terdekat.

Selain memberikan layanan telekomunikasi yang serba digital, kita juga terus berusaha untuk memberikan penawaran yang simpel dan transparan. Tidak ada aturan waktu, wilayah, jaringan, sampai hanya di aplikasi/web tertentu untuk seluruh kuota yang dijual di by.U. Jadi, semua penawaran yang kamu lihat bisa dipastikan utuh tanpa embel-embel syarat dan ketentuan tersembunyi.

Selanjutnya, setelah mengetahui karakter kamu yang punya banyak preferensi, kita selalu berusaha untuk bisa menghadirkan produk yang bisa dipersonalisasi. Karena itu, by.U mengangkat konsep semuanya semaunya, dimana kamu bisa mix & match paket internet sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kamu, by.U menciptakan produk dengan konsep seperti boba milk tea. Kamu bisa pilih dulu besaran kuota data utamanya dan pilih kuota topping sesuai kesukaan kamu.

bikin sendiri kuota internet sesuai yang kamu suka, sesuai dengan cara kamu, semuanya semaunya kamu

Kalo suka nonton, bisa pilih topping Youtube dan Viu. Kalo kamu sukanya scrolling Twitter sambil rebahan, kamu cukup beli topping untuk Twitter.

Yang gak kalah seru, setiap perayaan 3, 6, dan 9 bulan kebersamaan dengan by.U, pelanggan akan mendapatkan kuota data gratis sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas pelanggan by.U.

Intinya, semua yang by.U lakukan tetap akan selalu divalidasi dan disesuaikan dengan keinginan kamu, by you and for you. Dan one thing for sure, pasti by.U akan selalu tumbuh kembang bersama kamu, nanti pasti akan ada topping-topping baru, fitur baru, dan paket internet sesuai dengan kebutuhan barumu. So, don’t hesitate to tell us about your needs, we’d love to hear that!

Like always, kamu juga bisa memberikan masukan, gagasan, atau ide untuk halaman medium ini, ataupun mengenai produk/layanan by.U melalui fitur response yang ada di bawah artikel ini.

Jangan lupa untuk share medium Inspired by.U ini ke teman-teman kamu ya! Biar inspirasi-inspirasi yang ada di halaman ini tidak berhenti di kamu aja :)

Tempat team by.U berbagi cerita product & campaign development bareng sama anak anak by.U

Tempat team by.U berbagi cerita product & campaign development bareng sama anak anak by.U